Mau Modifikasi Tanpa Banyak Biaya, Simak Tips Berikut Ini!

IBID,tips modifikasi / 19 December 2018 / 50 / Seputar iBID

Penyuka modifikasi mobil dan ingin memiliki mobil modifikasi, hanya saja dana yang dimiliki terbatas, tak usah cemas. Banyak cara untuk memodifikasi mobil agar terlihat keren dan beda tanpa mengeluarkan biaya yang selangit.

Memang biaya modifikasi terbilang tidak murah, apalagi buat yang ingin tampil dalam sebuah kontes. Jadi, sebaiknya jauhkan pikiran modifikasi untuk kontes jika dana masih minim. Karena untuk mengejar hal tersebut, kita harus siap merogoh kocek hingga ratusan juta rupiah.

Meski dana modif terbatas, beberapa tips ini bisa dilakukan. Yang penting tujuan modifikasinya dapat, mau tampil beda dengan kendaraan lainnya. Satu lagi yang harus diingat, modifikasi itu harus tetap mempertahankan unsur kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Yang paling pertama adalah menentukan tema, karena dari sini baru bisa mendapat kisaran biaya yang harus dikeluarkan. Ada beberapa tema modifikasi yang bisa diusung, mulai dari JDM (Japanese Domestic Market), Retro, Balap, Offroad, dan lainnya.

Proses modifikasi itu banyak sekali tahapan yang harus dilakukan. Untuk itu, lebih baik kalau dilakukan secara bertahap. Ini sekaligus merupakan kiat dalam menyesuaikan dana modifikasi yang dimiliki.

Biasanya dimulai dari tampilan luar terlebih dahulu biar tidak terlihat seperti mobil standar. Jika hanya ingin sekadar mengubah tampilan, biasanya dengan cara menambahkan berbagai aksesori di bagian depan dan belakang.

Untuk bagian bodi, modifikasi yang tepat untuk dilakukan adalah menambahkan bodi kit. Mulai dari bumper bagian depan hingga spoiler di bagian belakang. Hal ini merupakan pilihan bijak karena pemasangannya mudah dan harganya masih terjangkau, tapi tampilan mobil bisa berubah dengan drastis.

Jika tidak selera dengan bodi kit, masih ada satu bagian di eksterior yang mudah untuk dimodifikasi yaitu mengganti pelek mobil. Biasanya, pabrikan mobil mengeluarkan pelek standar berukuran 14 inci sampai 16 inci. Modelnya pun seragam, sehingga kita bisa memilih pelek bergaya sporty untuk tampil beda.

Namun sebaiknya ukurannya hanya naik satu atau dua tingkat dari ukuran pelek standar. Misal dari pelek 15 inci naik ke 16 atau 17 inci. Kalau lebih besar akan ada resiko mobil jadi tidak nyaman digunakan. Untuk harga satu set pelek, biasanya tergantung merek dan model. Bagi yang berminat mengganti pelek, siapkan saja kocek berkisar Rp 8,5 juta sampai Rp 16 juta.

Setelah bagian luar berubah, biasanya pemilik mobil juga akan mengganti bagian dalam mobil atau interior. Paling mudah adalah mengganti pelapis jok dengan warna dan motif yang sesuai selera dan supaya terlihat beda dari mobil standar.

Hati-hati dalam memilih bahan atau material pelapis jok ini. Jika dana terbatas, lapisan jok bisa menggunakan bahan sintetis, tapi jika punya dana lebih sebaiknya gunakan yang berbahan kulit asli. Selain lebih tahan lama, kulit asli juga lebih nyaman untuk perjalanan jauh.

Kisaran dana untuk kulit sintetis mulai dari Rp 2 jutaan, tapi untuk kulit asli harganya bisa tiga kali lipatnya mulai dari Rp 6 jutaan. Semuanya itu juga masih bergantung pada motif dan desain ya.

Selain pelapis jok, kita juga bisa memodifikasi peranti audio bawaan pabrik dan menggantinya dengan audio yang lebih bagus. Paling mudah adalah mengganti head unit yang lebih canggih dengan fitur yang lebih banyak. Selain itu agar kualitas suara jadi lebih jernih, kita bisa mengganti speaker dan menambahkan juga subwoofer aktif.

Mengenai harganya, cukup bervariatif karena tergantung merek dan konsep audio yang ingin dibangun. Untuk mobil harian, biasanya cukup menyediakan dana berkisar Rp 3 jutaan sampai Rp 8 jutaan.

Modifikasi mobil memang tak murah. Makanya, biar efektif, lakukan modifikasi tersebut secara bertahap. Mana yang lebih dulu yang ingin dimodif.  Kelar satu tahap, baru melangkah ke tahap berikutnya.

Tapi jika mobil untuk modifikasi belum punya Anda bisa membeli mobil bekas di balai lelang lho. Anda bisa datang ke balai lelang IBID untuk mencari mobil bekas dengan banyak pilihan dari segala merek dan tipe. Satu hal yang terpenting mobil di balai lelang IBID ini harganya jauh lebih murah daripada beli mobil baru.

Mencari mobil di balai lelang IBID prosesnya pun sangat mudah dan bisa diikuti oleh individu atau masyarakat umum. Bahkan Anda bisa memilih sendiri mau ikut cara pelelangan yang mana. Yaitu onsite (digelar di lokasi lelang, penawar bertatapan langsung), live auction, atau lelang online. Ketahui prosedur lelang otomotif IBID di halaman ini.

60

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait