Modifikasi Mobil Jangan Lebay, Tapi Sesuai dengan Kebutuhan

IBID,tips modifikasi / 19 December 2018 / 50 / Seputar iBID

Urusan modifikasi mobil memang berbeda-beda dari setiap pemiliknya. Karena urusannya adalah selera dan juga kebutuhan masing-masing pemilik kendaraan. Tapi jangan sampai urusan modifikasi mobil jadi terlihat 'lebay' atau berlebihan.

Baik itu ketika memodifikasi pada sektor performa mobil atau juga pada tampilannya. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan, apakah untuk dipakai harian atau untuk ikut kontes modifikasi. Terlebih jika hanya untuk dipakai harian, maka sebaiknya modifikasi dilakukan secara sederhana. Karena mobil harus tetap aman dan nyaman untuk digunakan dalam menunjang aktivitas.

Jadi buat yang ingin memodifikasi harus tahu dahulu, ingin digunakan untuk apa mobil tersebut. Apakah untuk aktivitas harian seperti kerja, kuliah, atau memang untuk balap? Karena tiap-tiap kebutuhan punya porsi dan aplikasinya sendiri. Seperti dalam memodifikasi mesin, ada banyak cara untuk mendongkrak performa kendaraan, jadi tinggal disesuaikan.

Kedua, jangan ketinggalan untuk mempertimbangkan urusan dana. Berapa uang yang dipersiapkan untuk memodifikasi, tinggal nanti dipilih mau seperti apa ubahannya.  Mulai dari porting polish, mengganti knalpot, turbo dan lainnya.

Ketiga, harus bisa menyiasati dan merinci terlebh dahulu soal ubahan-ubahan yang akan dilakukan. Ini bisa dikonsultasikan kepada bengkel atau mekanik yang dipercaya. Tujuannya biar tak berlebihan dana yang dikeluarkan. Jadi pilih apa yang ingin dilakukan sesuai kebutuhan, karena akan mahal juga kalau modifikasinya lebay.

Pasalnya, modifikasi yang berlebihan itu memang sudah tidak nyaman lagi digunakan untuk sehari-hari, salah satunya bensinnya yang lebih boros.

Begitu juga dengan modifikasi tampilan atau eksterior, bagi yang akan menggunakan untuk sehari-hari sebaiknya modifikasi tidak berlebihan alias lebay. Sebab modifikasi berlebihan apabila digunakan sehari-hari justru akan membuat mobil aneh dimata orang yang melihat.

Dari sisi eksterior, kita bisa mulai mengganti dari bagian pelek dengan ukuran maksimal dua inci lebih besar dari standarnya. Hal itu guna memberikan kenyamanan saat berkendara. Untuk bagian bodi, modifikasi yang tepat untuk dilakukan adalah menambahkan bodi kit. Mulai dari bumper bagian depan hingga spoiler di bagian belakang.

Atau jika hanya ingin sekadar mengubah tampilan ringan, biasanya dengan cara menambahkan berbagai aksesori di bagian depan dan belakang. Ingat, jangan sampai terlalu berlebihan juga menambahkan aksesorisnya ya. Supaya mobil masih enak dilihat.

Jika Anda sedang mencari mobil untuk dimodifikasi Anda bisa membeli mobil bekas di balai lelang. Seperti di balai lelang IBID yang menyediakan berbagai pilihan mobil bekas dari segala merek dan tipe. Satu hal yang terpenting mobil di balai lelang IBID ini harganya jauh lebih murah daripada beli mobil baru.

Mencari mobil di balai lelang IBID prosesnya pun sangat mudah dan bisa diikuti oleh individu atau masyarakat umum. Bahkan Anda bisa memilih sendiri mau ikut cara pelelangan yang mana. Yaitu onsite (digelar di lokasi lelang, penawar bertatapan langsung), live auction, atau lelang online. Ketahui prosedur lelang otomotif IBID di halaman ini.

20

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait