Hal-Hal yang Perlu Diketahui Tentang Lelang Mobil Bekas

IBID,tips lelang / 16 January 2019 / 50 / Seputar iBID

Sebelum mengukuti lelang mobil bekas, ada baiknya kita memahami dulu mekanisme dan tata cara ikut pelelangan. Dalam lelang, calon pembeli harus terlebih dulu mendaftar di balai lelang terkait.

Kalau di IBID-Balai Lelang Serasi, proses pendaftaran bisa dilakukan via online melalui situs resmi yang beralamat www.ibid.astra.co.id. Prosesnya sama mudahnya dengan pendaftaran di situs-situs jual-beli online. Akun pada website IBID ini akan menjadi identitas si calon pembeli.

Setelah itu, calon pembeli bisa melihat-lihat stok mobil yang akan diikutikan dalam lelang mobil bekas atau istilahnya daftar lot. Dalam daftar ini, ada lis kendaraan lelang, lengkap dengan informasi detail kondisi mobil.

Kalau di IBID sendiri sudah ada proses inspeksi sebelum mobil masuk daftar lelang mobil bekas. Melalui inspeksi ini, pembeli bisa mengetahui kondisi mobil secara transparan, dari kondisi bodi, mesin, interior, eksterior, hingga dokumen.

Ada keterangan grading untuk tiap-tiap aspek interior, rangka, ekstrior, juga mesin di setiap display unit mobil, yang nilainya dari A, B, C, D, sampai F. Nilai A berarti kondisinya tidak perlu perbaikan, B berarti butuh sedikit perbaikan, dan seterusnya sampai nilai F.

Kalau masih belum yakin dengan kondisi mobil, calon pembeli  bisa datang langsung ke pool IBID saat open house yang merupakan waktu khusus untuk mengecek mobil yang akan dilelang saat lelang mobil bekas. Calon pembeli bisa melihat kondisi membuka kap mobil, mengecek keseluruhan bodi mobil—interior dan eksterior—juga menyalakan mobil.

Biasanya, open house dilakukan selama tiga hari sebelum lelang. Bahkan, pembeli bisa mengajak kawan atau langsung membawa mekanik sendiri untuk mengecek kondisi mobil. IBID tidak akan menutup-nutupi kondisi mobil, semua kendaraan di lelang mobil bekas memang dijual apa adanya secara transparan.

Persiapan ikut lelang mobil bekas

Setelah menemukan mobil impian, calon pembeli tinggal mengecek jadwal lelangnya. Pilih lelang onsite kalau ingin mengikuti lelang secara langsung di tempat pelelangan IBID. Tapi kalau tidak sempat datang ke IBID, calon pembeli bisa mengikuti live auction. Dengan opsi lelang ini, penawaran dapat dilakukan secara real time.

Saat jadwal lelang telah dipilih, selanjutnya tinggal membayar sejumlah Rp 5 juta untuk satu unit mobil untuk mendapatkan Nomor Peserta Lelang (NPL). Nomor ini merupakan identitas selama melakukan penawaran saat mengikuti lelang mobil bekas.

Uang tersebut akan dikembalikan 100 persen tanpa potongan kalau belum berhasil mendapatkan mobil yang diincar. Sebaliknya, uang ini akan memotong jumlah total harga akhir dari mobil yang telah dimenangkan lewat lelang mobil bekas. Misalnya, harga terbentunya Rp 100 juta, berarti total yang perlu dilunasi dipotong Rp 5 juta dari pembelian NPL, menjadi Rp 95 juta saja.

Setelah melakukan pelunasan—kalau menang lelang—pembeli bisa langsung mengambil mobil tersebut di IBID. Nah, setelah mengetahu mekanisme lelang mobil bekas, kita jadi lebih siap untuk mendapatkan mobil impian, kan. Yuk klik di sini untuk lihat daftar lot lelang IBID.

23

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait