Pengen Ikut Lelang Mobil Bekas Tapi Sibuk, Ada Triknya!

IBID,tips lelang / 16 January 2019 / 50 / Seputar iBID

Berburu mobil berkualitas dengan harga di bawah pasaran melalui lelang mobil bekas memang butuh pengorbanan. Kita harus meluangkan waktu untuk mengecek kondisi mobil dan mengikuti proses lelangnya, padahal jadwal kerja sedang sibuk-sibuknya.

Jangan khawatir. Ternyata sekarang sudah ada opsi live auction dari IBID-Balai Lelang Serasi yang bisa diakses secara online. Meskipun sibuk, kita bisa tetap berburu mobil idaman di lelang mobil bekas.

Akan tetapi, kita juga perlu mengatur strategi supaya tetap mendapatkan mobil yang sesuai dengan keinginan saat lelang mobil bekas. Berikut ini trik mengikuti live auction di IBID:

Riset dulu

Sebelum ikut lelang, kita harus memahami dengan benar apa itu live auction. Berbeda dengan lelang mobil bekas konvensional yang mengharuskan kita datang ke tempat lelang, live auction bisa membuat kita mengikuti lelang dari mana saja. Mau dari rumah, kantor, atau kafe sambil menyeruput kopi, bisa dilakukan. Mudah, tapi tetap aman.

Dengan live auction, kita dapat mengikuti lelang dalam waktu yang bersamaan dengan lelang onsite (lelang yang diadakan langsung di tempat lelang). Kita juga bisa menawar harga secara real time, bersaing dengan penawar onsite lainnya. Pergerakan harga tawar pun terpantau langsung.

Oleh karena itu, sebelum mengikuti lelang mobil bekas via live auction, sebaiknya kita sudah membuat wishlist mobil-mobil incaran. Tenang, proses ini bisa kita lakukan secara online juga. IBID menyediakan report kondisi mobil secara lengkap, dari interior, eksterior, mesin, rangka, dan dokumen.

Data ini juga didapatkan dari hasil inspeksi yang dilakukan secara transparan oleh IBID sebelum mobil masuk lot (daftar) lelang mobil bekas. Jadi, keterangan yang tertera valid dan terpercaya, bukan hasil rekayasa. Yang namanya lelang memang harus menjual mobil dalam kondisi apa adanya, bukan diada-adakan.

Ikuti prosedur

Cara ikut lelangnya cukup mudah, tak berbeda jauh dengan prosedur ikut lelang onsite. Pertama, kita mendaftar secara online di website www.ibid.astra.co.id. Lalu, kita cari kendaraan yang kita inginkan beserta jadwal lelangnya. Jika sudah ketemu, kita tinggal membeli Nomor Peserta Lelang (NPL) seharga Rp 5 juta per unit mobil dan Rp1 juta per unit motor.

Tenang dulu, NPL ini bukan seperti DP atau semacamnya. Boleh dianggap uang pembelian NPL ini sebagai deposit yang nantinya akan dikembalikan 100 persen kalau kita kalah lelang. Tapi kalau menang lelang, uang ini akan mengurangi total harga mobil yang kita beli. Misalnya, harga akhir mobil adalah Rp 100 juta, maka kita tinggal melunasi Rp 95 juta.

Setelah punya NPL, kita bisa ikut live auction sesuai jadwalnya. Tinggal akses website resmi IBID lalu pilih "Live Auction". Setiap kali kita melakukan bid, harga penawaran kita akan naik Rp 500.000.

Persiapan matang

ebelum mengikuti live auction, kita harus lebih dulu melakukan persiapan yang matang. Jangan sampai ujungnya "zonk". Pastikan koneksi internet tetap stabil selama lelang. Jangan sampai kalah lelang karena hilang koneksi internet di tengah pelelangan.

Paling penting, lakukan penawaran atau bid dengan kepala dingin. Ingat budget yang sudah disiapkan, jangan malah kalap ketika menawar sehingga harga yang harus dibayar melebihi budget.

Di IBID, Anda dapat memilih opsi lelang live auction, lelang online, atau lelang onsite. Anda bisa memilih metode lelang yang sesuai dengan kondisi Anda. Kalau ingin santai, bisa memilih lelang daring, tapi kalau ingin datang langsung ya bisa pilih lelang onsite. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang prosedur lelang mobil bekas di IBID pada laman ini.

17

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait