Cara Bikin Mobil Bergaya Off-Road

IBID,tips modifikasi / 21 February 2019 / 50 / Seputar iBID

Akhir-akhir ini tren mobil off-road mulai menggeliat kembali di Indonesia. Seiring dengan semakin banyaknya mobil-mobil berjenis SUV yang hadir di Tanah Air. Di mana mobil SUV adalah jenis mobil yang dapat melibas berbagai medan jalur yang cukup beragam.

Maraknya tren mobil bergaya off-road ini pun memiliki dampak positif di dunia modifikasi Indonesia, khususnya modifikasi off-road. Tren modifikasi ini biasanya disebut dengan modifikasi All Terrain Off Road (ALTO). Pada dasarnya, semua mobil berpenggerak empat roda bisa dimodifikasi bergaya ala ALTO.

Pengertian ALTO adalah meninggikan kaki-kaki mobil sehingga bodi mobil terangkat dan ground clearance juga tinggi. Modifikasi off-road ini juga tidak hanya berlaku bagi mobil jenis SUV dan double cabin saja, tapi bisa juga diterapkan pada mobil keluarga seperti MPV.

Pertama yang harus diperhatikan adalah mobil yang bisa dimodifikasi bergaya off-road adalah mobil yang bodinya bisa dipisah dengan rangka atau chassis. Bukan menyatu antara chassis dan bodi (monokok). Pasalnya, untuk meninggikan ground clearance yaitu jarak antara bodi mobil dengan permukaan tanah, bodi harus diangkat (body lift). Cara yang lazim digunakan adalah memberi ganjal antara badan mobil (bodi) dengan chassis.

Kedua adalah menyesuaikan bagian kaki-kaki. Namun untuk meninggikan suspensi (suspension lift) tidak mutlak. Hal itu tergantung ukuran ban yang digunakan. Biasanya ban bawaan dari pabrik untuk mobil berpenggerak 4x4 adalah 29 inci.

Upayakan memilih ban yang lebih besar. Namun, satu hal yang patut diingat adalah, penambahan ukuran ban itu jangan melebihi 3 inci. Setelah ban terpasang, lakukan pengujian apakah saat setir mobil dibelokkan ban menyangkut di spakboard. Bila hal itu terjadi, maka peninggian suspensi diperlukan.

Namun, mobil yang suspensinya ditinggikan akan limbung kala dikendarai terutama di saat melibas jalanan bebatuan atau berlubang. Oleh karena itu gunakan perangkat suspensi yang berkarakter keras.

Satu hal yang perlu digarisbawahi, anda tak perlu melakukan ubahan pada mesin atau bodi bila tipe modifikasi yang anda pilih adalah ALTO untuk medan off-road ringan. Tenaga mesin dari pabrikan tentu sudah disesuaikan dengan karakter medan itu. Terlebih bila mobil anda adalah SUV 4x4.

Bila anda menginginkan kesan off road yang lebih kental, maka tidak ada salahnya menggunakan aksesoris tambahan. Diantaranya, wings, rack atas (roof rack), over fender, dan lain-lain. Hanya, sesuaikan aksesoris tersebut dengan kegunaan, kebutuhan, jenis dan peruntukkan mobil, serta biaya yang harus anda keluarkan.

Kalau Anda masih mencari mobil yang akan dijadikan bahan bagi modifikasi bergaya ALTO, maka Anda bisa mencarinya di balai lelang IBID. Di sini Anda bisa menemukan banyak jenis dan model mobil-mobil yang masih layak untuk dimodifikasi. Satu hal yang terpenting mobil di balai lelang IBID ini harganya jauh lebih murah daripada beli mobil baru.

Mencari mobil di balai lelang IBID prosesnya pun sangat mudah dan bisa diikuti oleh individu atau masyarakat umum. Bahkan Anda bisa memilih sendiri mau ikut cara pelelangan yang mana. Yaitu onsite (digelar di lokasi lelang, penawar bertatapan langsung), live auction, atau lelang online. Ketahui prosedur lelang otomotif IBID di halaman ini.

22

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait