Sebulan, Orang Habiskan Kuota Internet Lebih dari 5GB

IBID,News Tekno / 21 February 2019 / 50 / Seputar iBID

Sering isi ulang paket data internet di gawai pintar? Tenang saja, Anda tidak sendirian. Ternyata orang Indonesia dikategorikan sebagai pengguna internet mobile kelas berat alias "heavy user". Menurut laporan Ericsson Mobility Review, rata-rata orang kita menghabiskan kuota lebih dari 5GB per bulan.

Padahal, satu tahun sebelumnya pada 2017, konsumsi data orang Indonesia masih di bawah 5GB. "Pengguna yang memakai paket data kurang dari 1GB jumlahnya turun. Yang memakai 5GB juga turun. Artinya, pemakaian mereka naik di atas 5GB," kata Head of Network Solutions Ericsson Indonesia Ronni Nurmal, dikutip dari Kompas.com, Kamis (20/12/2018).

Menurut Ronni, kegemaran menonton video via dunia maya mendorong peningkatan tersebut. Belum lagi, lanjut dia, kualitas video semakin baik sehingga membutuhkan kapasitas data internet yang semakin besar.

Dia mencontohkan konsumsi video via platform chat Whatsapp. Trafik Whatsapp naik didukung oleh meningkatknya data video yang dikirim, bukan sekadar chat dalam bentuk teks saja. "Pada 2024 mendatang, tren ini diprediksi akan semakin meningkat. Apalagi penetrasi jaringan 5G akan mulai berkembang pesat di 2024," ujar Ronni.

Khusus wilayah Asia Tenggara, jumlah data akan meningkat dari 2,2 Exabyte setiap bulan pada 2017 menjadi 16 Exabyte per bulannya pada 2024. Bahkan, kebanyakan orang akan lebih tertarik untuk membeli paket data internet dibandingkan beli paket telepon atau SMS.

Meski demikian, penggunaan internet mobile tentu perlu dukungan gawai yang canggih. Nah, kalau sedang mempertimbangkan untuk membeli gadget dengan teknologi dan fitur terbaru, Anda bisa menjual seluler lama Anda di balai lelang IBID. Prosesnya sangat mudah seperti yang dijelaskan di halaman panduan berikut ini.

14

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait